Lomba Nasi Minyak Semarakkan Pesta Anak Pantai Kecamatan Sekupang

oleh -159 Dilihat
oleh

Batam – Lomba nasi minyak menjadi menjadi salah satu lomba yang menyemarakkan event Pesta Anak Pantai dalam Rangka Peringatan HUT ke-79 RI tingkat Kecamatan Sekupang di Tanjung Riau, Minggu (8/9/2024).

Lomba Nasi Minyak ini diikuti seluruh Kelurahan se-Kecamatan Sekupang. Di antara berbagai peserta, RT 02 RW 09 Perumahan Puri Malaka, menjadi peserta yang mewakili Kelurahan Tiban Baru untuk mengikuti lomba Nasi Minyak tersebut.

Dengan mengusung Tema Destinasi Wisata Landmark Batam, Bukit Kelara Wecome to Batam, Kelurahan Tiban Baru mengikutkan 1 Group ibu PKK yang terdiri dari 3 anggota; Riris, Ida, dan Hana.

“Kami belajar membuat Nasi Minyak ternyata sungguh menantang dan unik juga menarik,” ujar Riris.

Sementara itu salah saorang warga Kelurahan Tiban Baru yang ikut menyaksikan lomba, Ardiwinata, mengungkapkan kebanggaannya serta memberikan apresiasi ke Camat Sekupang Kamurul yang memberikan ruang memperlombakan Nasi Minyak tersebut.

“Luar biasa pak camat memperlombakan Nasi minyak yang langka karena hanya di dapatkan pada acara acara besar seperti acara adat melayu, kenduri Pernikahan dan lain-lain,” ujarnya.

Ardiwinata yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam juga menyampaikan tentang keberadaan Nasi Minyak dari perseptif Budaya.

“Nasi Minyak ini bisa menjadi Warisan Budaya Tak Bendan (WBTB) Batam yang bisa kita daftarkan sampai ke tingkat nasional. Karena Disbudpar Batam sedang giat menggali dan mendaftarkan WBTB Batam yang banyak sekali, disamping WBTB tentu 10 Obyek Pemajuan Kebudayaan juga gencar dilestarikan dan dimajukan,” tambahnya.

Dengan menyediakan hadiah yg cukup besar, Rp5 juta masyarakat Sekupang antusias menyaksikan berbagai macam lombah yang digelar.

“Ini juga memotivasi masyarakat untuk peduli dengan kuliner khas Melayu,” katanya.***