Rudi Inspektur HUT RI, Ajak Isi Kemerdekaan dengan Kebersamaan

oleh -172 Dilihat
oleh

Batam – Wali Kota Batam, H Muhammad Rudi (HMR), bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia. Upacara yang berlangsung khidmat ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari pejabat daerah, tokoh masyarakat, hingga pelajar dan organisasi kemasyarakatan.

Kehadiran para tokoh penting dan antusiasme warga menambah kesan meriah dan penuh semangat nasionalisme dalam peringatan hari bersejarah di Dataran Engku Putri, Batam Center, pada Sabtu (17/8/2024).

“Mari kita isi kemerdekaan dengan kebersamaan. Membangun negara kita dengan kebersamaan,” ajak Rudi.

Kegiatan berlangsung, setelah Rudi sehari sebelumnya, Jumat (16/8/2024) malam, menghadiri Upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan pawai obor, menyambut hari ulang tahun ke-79 Republik Indonesia di Kota Batam, di Dataran Engku Hamidah, Batamcenter.

Pada kesempatan upacara Taptu, Rudi mengajak unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh masyarakat, selalu kompak dan bersatu dalam membangun Kota Batam. “Kalau bersama- sama bekerja, saya kira mengisi kemerdekaan akan lebih baik. Contoh hari ini, Kota Batam dapat membangun dengan cepat karena adanya kebersamaan,” ungkap Kepala Badan Pengusahaan Batam tersebut.

HMR berharap kekompakan antara Pemerintah, TNI, Polri, dan seluruh elemen masyarakat tetap menyatu demi mewujudkan Batam Kota Baru.

“Kalau semua menyatu, semua akan baik. Kalau semua sudah baik, kita akan menikmati kesejahteraan,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam pantauan kami, acara ini berlangsung khidmat dan meriah. Masyarakat, mulai dewasa hingga anak-anak, turut menyaksikan.

Untuk diketahui, Upacara Taptu merupakan tradisi kemiliteran yang sudah dilakukan sejak dahulu, ketika akan menjelang hari kemerdekaan.

Kegiatan ini untuk mengingatkan pasukan agar dapat meningkatkan kewaspadaan di tengah tugas dan panggilan negara.***