Usai Takbiran, Warga Berburu Kuliner di Dararan Engku Hamidah

oleh -
oleh

Batam – Ribuan warga Batam meramaikan malam takbiran bersama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, di Dataran Engku Putri, Minggu (16/6/2024) malam. Usai takbiran, warga berburu kuliner di Engku Hamidah Holiday.

Bazar kuliner dalam rangka memeriahkan malam takbiran tersebut digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam yang berlangsung 14-18 Juni 2024.

“Ini pertama kali kami gelar untuk memeriahkan menyambut Lebaran Iduladha tahun ini di Batam,” ujar Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata.

Event Engku Hamidah Holiday akan digelar rutin setiap menyambut Iduladha di Batam. “Dengan event ini, masyarakat bisa merayakan malam takbiran sambil berwisata kuliner di Dataran Engku Hamidah,” katanya.

Ia berharap, dengan event ini pariwisata dan ekonomi kreatif di Batam makin tumbuh dan menjadi andalan Batam dalam mengumpulkan pendapatan asli daerah.

“Ini menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Ayo berwisata kuliner di Dataran Engku Hamidah,” ujarnya.

Sebelumnya, pawai takbir malam Iduladha 1445 Hijriah tingkat Kota Batam berlangsung meriah. Ribuan warga tumpah ruah ikut bertakbir hingga menyaksikan kendaraan hias di Dataran Engku Hamidah, Batam Centre, tersebut.

Pawai takbir yang dimeriahkan kendaraan hias itu diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam hingga sejumlah organisasi masyarakat, masjid, musala, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

Secara resmi, kendaraan hias itu dilepas langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Sebelum melepas mobil hias, Rudi memimpin takbiran bersama ribuan masyarakat dalam menyambut Hari Raya Iduladha tingkat Kota Batam tersebut.

Rudi terlihat khusyuk mengumandangkan takbir, tasbih, dan tahmid. Kumandang takbiran itu diiringi pejabat hingga masyarakat Batam yang hadir di malam itu.

Usai bertakbir, secara beriringan, mobil hias mulai bergerak menelusuri rute yang ditetapkan. Sejumlah bentuk seperti kapal, masjid, dan berbagai bentuk lainnya sukses membuat pengunjung terpukau.

“Selamat merayakan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, mewakili Pemko Batam dan BP Batam, menyampaikan mohon maaf lahir dan batin,” ucap Rudi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pawai Takbir Kota Batam, Salim, melaporkan, lomba mobil hias ini memperebutkan total hadiah Rp 38 juta dengan rincian juara 1 akan mendapat Rp12 juta, juara 2 Rp10 juta, juara 3 Rp8 juta, juara 4 sebesar Rp 6 juta, dan juara favorit Rp2 juta.

“Mobil hias ini melalui rute dari Dataran Engku Hamidah dan finish di Simpang Tembesi dengan total 86 peserta,” ujar Salim yang juga sebagai Kepal Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam tersebut.

Selain itu, ia juga melaporan terkait pelaksanaan salat Iduladha dan pelaksanaan kurban di Batam. Untuk pelaksaan salat akan dilaksanakan di 903 titik, dan tingkat Kota Batam dipusatkan di Dataran Engku Putri, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, dan Masjid Baiturrahman Sekupang.

“Untuk hewan kurban, total ada 4.986 ekor dengan rincian 1.491 sapi dan 3.495 kambing,” tutup Salim.***