Rudi dan Marlin Jadi Warga Kehormatan Masaga Kepri dan Batam di HUT Kapitan Pattimura 207

oleh -
oleh

Batam – Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Sekaligus Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK) Kota Batam Marlin bersama ribuan warga Batam asal maluku merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kapitan Pattimura ke 207.

Acara yang juga dihadiri Wali Kota Batam, yang Sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi, digelar di Dataran Engkuputri, Batamcentre, Batam, sabtu (29/6/2024) malam.

Warga Batam asal maluku juga sangat antusias merayakan HUT Kapitan Pattimura kali ini bersama Wagub Marlin dan Wali Kota Rudi. Ribuan warga tampak memadati lokasi acara tersebut.

Di kesempatan ini, Wali Kota Rudi dan Wagub Marlin didaulat sebagai warga kehormatan warga Maluku Satu Gandong (Masaga). WALI kota Rudi juga diberi gelar Bung, dan Wagub Marlin diberi gelar Usi.

Bung dan Usi adalah sebutan bagi orang yang dituakan dan sangat dihormati bagi warga Maluku. Setiap ucapan dan perbuatannya dijadikan panutan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sambutannya singkatnya, Marlin mengajak warga Maluku kompak demi keberlanjutan pembangunan di Kota Batam.

Marlin berharap pembangunan yang telah berjalan dapat selesai seperti yang diharapkan sehingga hasilnya dapat segera dinikmati seluruh masyarakat Kota Batam.

“Selamat merayakan HUT Kapitan Pattimura ke 207. Semoga silaturahmi seperti ini tetap terjaga demi keberlanjutan pembangunan Kota Batam yang kita cintai,” singkatnya.

Pada kesempatan itu, Rudi mengajak warga Batam asal Maluku untuk terus menjaga kekompakan demi percepatan pembangunan daerah. Hal itu disampaikan Rudi Saat berdiri di depan Ribuan Warga Maluku Satu Gandong (MASAGA) Kota Batam.

“Jaga terus kekompakan demi kemajuan Kota Batam. Tugas kita bersama, menjaga Batam tetap aman dan kondusif,” kata Rudi.

Dengan begitu, lanjut dia, pembangunan di Batam tak terhambat. Ia berharap, warga Batam asal Maluku, terus mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan.

“Manfaatkan momentum pembangunan ini,” pesan Rudi.

Ia membeberkan beberapa pembangunan di Batam seperti Bandara Hang Nadim Batam, Pelabuhan Batu Ampar, hingga pembangunan sejumlah ruas jalan di Batam.

“Batam dengan wajah barunya, menjadi percontohan dalam pembangunan. Kita warga Batam patut bangga,” katanya.

Pembangunan ini pula, menjadi salah satu faktor penggerak ekonomi Batam. Ia mengungkapkan, ekonomi Batam mampu tumbuh jauh di atas provinsi maupun nasional.

“Pembangunan ini semata-mata demi menjadikan Batam lebih modern dan maju. Tak hanya itu, juga harus berdampak pada kesejahteraan masyarakat Batam,” tegas Rudi. Dalam malam Peringatan HUT ke-207 Pattimura itu, dimulai dengan rangkaian acara dan atraksi kesenian Maluku.

Beberapa acara seperti pawai obor, penampilan tari lenso, penampilan tarian cakalele, hingga penyerahan obor Pattimura. Dalam acara tersebut juga Rudi mendapat gelar kehormatan dari Warga Maluku Satu Gandong (Masaga) Bung, yang artinya Orang yang dituakan dan Sangat dihormati bagi Warga Maluku. Setiap ucapan dan Perbuatannya dijadikan Panutan dalam kehidupan sehari-hari.

Rudi mengajak, semua pengurus dan warga Maluku untuk menjaga semangat juang dan patriotisme yang menjadi kekuatan dan membawa kemenangan dalam melawan penjajah.

“Perjuangan harus terus dikobarkan dan digelorakan khsusunya pada kaum muda sebagai generasi penerus bangsa, Pattimura-Pattimura muda harus bangkit dan terus berjuang untuk negeri,” tutup Rudi.***