Polda Bantu 600 Paket Sembako, Peralatan dan Personel, Pemprov Sumbang 200 Paket

oleh -
oleh

Batam – Polda Kepri salurkan bantuan sosial sebanyak 600 paket sembako kepada bencana tanah longsor yang terjadi di pulau Serasan, Natuna. Kemudian, sumbangan yang disalurkan, ada tenaga personil, mobil SAR, ambilance perahu karet dan lainnya. Sementara Pemprov Kepri, menyumbang 200 paket sembako.

Paket bantuan Polda Kepri, Selasa (7/3/2023) setelah sebelumnya dikirim bantuan peralatan SAR. Seperti truk pengangkut pasukan, mobil ambulance, mobil SAR, perahu karet, chainsaw, pelampung, tali tambang, tandu dan kantong jenazah,”

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S mengatakan, Sembako yang di kirimkan langsung diarahkan ke tempat pengungsian korban bencana yang berupa bahan pokok makanan, obat-obatan dan air mineral.

Adapun paket sembako yang diberikan berupa beras sebanyak 4.100 Kg, Indomie sebanyak 552 Dus, minyak goreng sebanyak 200 Liter. Kemudian, obat-obatan, gula, teh dan kopi, air mineral, susu kental, telur ayam, sarden dan lainnya.

Percepatan paket sembako ini merupakan upaya Polri demi kemanusiaan. Saya berharap dengan bantuan ini dapat meringankan beban yang dirasakan oleh para korban bencana tanah longsor. “Bantuan Sosial ini adalah wujud rasa kasih Polri kepada masyarakat ditengah bencana yang terjadi, semoga masyarakat dapat tetap bersabar menghadapi kondisi ini,” tutup Harry.

Sehari sebelumnya, Karoops Polda Kepri Kombes Pol. Ulami Sudjaja diberangkatkan ke Natuna, bersama 109 personel. Mereka personel terpilih menuju Kabupaten Natuna khususnya di daerah Kecamatan Serasan. 109 orang yang dikirim merupakan gabungan dari Satbrimob Polda Kepri, Tim Inafis Ditreskrimum Polda Kepri, Ditsamapta Polda Kepri, Bidhumas Polda Kepri, Bidpropam Polda Kepri serta Biddokkes Polda Kepri.

Mereka diberangkatkan dengan menggunakan sarana transportasi laut Kapal Roro ASDP Punggur dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Serasan Kabupaten Natuna, Kamis (9/3/2023). Mereka membawa sejumlah logistik serta transportasi yang diperlukan saat evakuasi korban bencana alam tanah longsor.

Dalam penanganan bencana ini, Polri juga mendistribusikan Bantuan sosial (Bansos) untuk korban bencana alam tanah longsor disamping membawa sarana pendukung tugas evakuasi antara lain Ranmor R2 Brimob sebanyak 14 Unit. Kemudian, obat – obatan (Bidokkes) yang dibutuhkan di lapangan.

Kemudian, perlengkapan dan peralatan SAR antara lain, truk pengangkut pasukan, mobil ambulance, mobil SAR, perahu karet, chainsaw, pelampung, tali tambang, tandu dan kantong jenazah,” ungkap Plh Kabid Humas Polda Kepri AKBP Surya Iswandar.

Sementara Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs Tabana Bangun, sudah lebih dulu tiba di Kabupaten Natuna. Tabana tiba bersama Danrem Wira Pratama Brigjen TNI Yudi Yulistyanto dan Dansat Brimob KBP M. Fhaisal Aris, Selasa (7/3/2023).

Menurut Surya Iswandar, kondisi di wilayah pulau Serasan Kabupaten Natuna tersebut masih terkendala untuk komunikasi karena kesulitan sinyal.Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau telah menetapkan Status Tanggap Darurat dalam peristiwa bencana longsor di Serasan selama 7 hari yang dimulai dari tanggal 6 – 12 Maret 2023.

Sedangkan jumlah korban meninggal dunia yang telah terdata sampai saat ini akibat longsor yang terjadi di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau tersebut telah mencapai 10 orang yang mana 6 (enam) jenazah sudah teridentifikasi dan 4 (empat) lainnya belum teridentifikasi. Sedangkan korban hilang sebanyak 47 orang, korban luka berat sebanyak 1 (satu) orang, korban rawat jalan 3 orang, dan korban kritis sebanyak 4 orang.

Terakhir, jumlah pengungsi akibat bencana banjir dan longsor di Kecamatan Serasan sementara ini mencapai 1.216 orang.
Di Serasan terdapat 219 orang berada di pengungsian Pos Lintas Batas Negara (PLBN), 215 orang di Pengungsian Puskesmas Serasan, 500 orang di pengungsian Pelimpak dan Mesjid Al Furqon, serta 282 orang di SMA Negeri 1 Serasan dengan total pengungsi sebanyak 1.216 orang.

No More Posts Available.

No more pages to load.