Perwara Batam Bekali Duta Wisata Encik Puan Batam Keterampilan Berbicara depan Umum

oleh -
oleh

Batam – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam membekali finalis Duta Wisata Encik dan Puan Kota Batam 2024 dengan keterampilan berbicara di depan umum (public speaking).

“Finalis Duta Wisata akan menjalani Grand Final pada 19 Mei 2024 nanti, saat ini masih dalam tahap karantina dan mereka dibekali berbagai ilmu pengetahuan, termasuk seni berbicara di hadapan umum,” ujar Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata, Selasa (14/5/2024).

Ia mengatakan, public speaking merupakan seni berbicara di depan umum yang dapat digunakan untuk menggaet minat audiens dan membuat mereka ikut terlibat dalam presentasi.

“Public speaking ini sangat bermanfaat bagi finalis, mereka nanti bakal banyak tampil di depan umum. Kami ingin duta wisata sudah menyiapkan diri sebelum grand final,” katanya.

Untuk membekali public speaking bagi finalis duta wisata tersebut, Disbudpar Batam mendatangkan sejumlah pemateri, salah satunya Golam Hasan dari Persatuan Pembawa Acara (Perwara) Kota Batam.

“Semoga apa yang disampaikan pemateri bisa diterapkan finalis saat grand final hingga nanti terpilih sebagai duta wisata Batam,” katanya.

Sebelum, selain publik speaking, pihaknya juga menanamkan rasa cinta terhadap Kota Batam dengan memberikan materi tentang tradisi dan budaya Melayu di Kota Batam.

“Duta Wisata harus bisa dan tahu semua tentang Batam dan bisa mengasah diri karena mereka nantinya menjadi duta wisata,” ujarnya.

Untuk diketahui, tujuan paling mendasar dari public speaking yang kerap dimanfaatkan oleh banyak orang adalah untuk menyampaikan informasi.

Jenis informasi yang diberikan juga cukup beragam, mulai dari ilmu pengetahuan, berita terkini. Keberhasilan upaya pembicara untuk menginformasikan sesuatu diukur dengan seberapa baik audiens memahami, mempertahankan, dan menerapkan ide-ide yang disampaikan.

“Public speaking akan membantu untuk terus meningkatkan rasa kepercayaan diri. Hal tersebut tentu sangat berguna bagi perkembangan karir Duta Wisata Kota Batam,” katanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.