Penampilan Budaya Nusantara Iringi Bacaleg PDIP ke KPU Batam

oleh -
oleh

Batam – DPC PDI Perjuangan Kota Batam, mengajukan pendaftaran bakal calon (Bacaleg) DPRD Kota Batam. Kehadiran rombongan PDIP diiringi musik Batak dan simpatisan yang sebagian menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, hingga penampilan Barongsai.

Rombongan Bacaleg yang dipimpin pengurus PDIP itu diterima Komisaris KPU Batam itu, Kamis (11/5/2023). Mereka diterima Ketua KPU Kota Batam Martius, Anggota KPU Batam dan komisionaris lainnya. Untuk pengurus, hadir Ketua DPC PDIP Batam, Nuryanto, Sekretaris DPC, Putra Yustisi Respaty dan lainnya.

Sementara diantara Bacaleg ada kader yang masih menjabat anggota DPRD Batam saat ini. Selain Nuryanto dan Putra, ada Udin P Sihaloho, Buralimar, Tumbur M Sihaloho, Dandis Rajagukguk dan lainnya.

Berkas diserahkan Nuryanto sebagai Ketua DPC dan didampingi pengurus lainnya dan diterima Komisionaris KPU Batam, William. Saat rombongan PDI Perjuangan usai mendaftar, mereka melakukan foto bersama dihalaman kantor PDIP.

Pendaftaran bacaleg sendiri, berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2017, PKPU Nomor 10 Tahun 2023, dan SK KPU RI Nomor 352 Tahun 2023, tahapan pengajuan bacaleg dari Parpol berlangsung dari tanggal 1 Mei dan berakhir pada 14 Mei 2023

Menurut Ketua DPC PDIP Kota Batam Nuryanto, penyerahan berkas bacaleg mengatakan penyerahan nama-nama bacaleg ke KPU ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Dan pagi ini, khusus Kota Batam juga diserahkan.

“Penyerahan berkas bacaleg PDIP Kota Batam ini, sesuai instruksi DPP. Dimana pendaftaran nama-nama bacaleg baik tingkat kabupaten, kota, dan provinsi dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada hari ini, Kamis (11/5/2023) pukul 10.00 WIB,” ungkap Nuryanto.

PDI Perjuangan khususnya di Kota Batam, tambah pria yang akrab disapa Cak Nur telah mempersiapkan para calegnya dengan matang termasuk memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan sesuai dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2023.

“Alhamdulillah, seluruh penyerahan berkas persyaratan administratif para bacaleg ini telah lengkap dan diterima oleh KPU Batam. Langkah kita pagi ini lengkap semangat, langkah berkah dan menjadi langkah pertama,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Batam Martius mengatakan bahwa Partai Politik (parpol) PDI Perjuangan Kota Batam menjadi parpol pertama yang melakukan penyerahan berkas pencalegkan di KPU Kota Batam.

“PDIP jadi Partai Pertama yang mendaftarkan bacalegnya di Kota Batam. Dan setidaknya ada beberapa dokumen yang akan diperiksa dan diversifikasi oleh KPU Kota Batam. Dan nantinya disesuaikan antara Hard Copy dengan di sistem Silom,” tegasnya.(am)

No More Posts Available.

No more pages to load.