Pawai Ta’aruf MTQH X Kepri Berlangsung Meriah

oleh -
oleh

Batam – Pawai Ta’aruf Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH) X Kepri di Batam berlangsung meriah, Senin (20/5/2024) pagi. Pawai Ta’aruf tersebut dipusatkan di kawasan Nagoya, Lubukbaja.

“Alhamdulillah pawai ta’aruf berlangsung meriah dan didukung cuaca yang sejuk,” ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Dalam acara yang diikuti khafilah se-Kepri itu, Wali Kota juga menyampaikan agar peserta bisa nyaman dan betah selama mengikuti semua rangkaian MTQH X Kepri.

“Selamat datang di Batam, mari jadikan MTQH X Kepri sebagai ajang mempererat silaturahmi dan mentadaburi nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an,” ajak Rudi.

Di kesempatan sama, Rudi mengajak semua masyarakat Kota Batam untuk memeriahkan dan menyukseskan MTQH X Kepri yang berlangsung 20-27 Mei 2024 di Dataran Engku Putri, Batamcentre.

“Semoga, dengan penyelenggaraan ini, memberikan dampak positif bagi Kota Batam dan Kepri,” katanya.

Sebelumnya, ia juga menyampaikan kebahagiaanya atas kehadiran para peserta MTQH X Kepri yang memenuhi undangan untuk menyukseskan kegiatan MTQH X Kepri.

“Sebagai tuan rumah, Batam siap melayani para tamu peserta MTQH X Kepri,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Wali Kota juga menegaskan dewan hakim MTQH X Kepri untuk berbuat adil kepada peserta. Ia ingin para peserta mendapat hasil sesuai keahlian.

“Tidak boleh ada kecurangan dalam MTQH X Kepri di Kota Batam,” tegas Rudi.

Adapun, MTQH X Tingkat Provinsi Kepri, sejumlah lomba digelar yakni Cabang Seni Baca Al-Qur’an, Cabang Qira’at Al-Qur’an, Cabang Hafalan Al-Qur’an, Cabang Tafsir Al-Qur’an, Cabang Fahmil Al-Qur’an, Cabang Syarhil Al-Qur’an, Cabang Seni Kaligrafi Al-Qur’an, Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Cabang Musabaqah Hadits Nabi, Cabang Eksibisi dan Qasidah Rebana.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kepri, Marlin Agustia, menyampaikan bahwa rangkaian MTQH X Kepri mulai dari Malam Ta’aruf, Pawai Ta’aruf, Pelantikan Dewan Hakim, Pembukaan Bazar MTQH X, Pembukaan MTQH X, hingga Penutupan MTQH X Kepri.

“Selamat datang para peserta, kita berkumpul dengan semangat sama menyukseskan MTQH X Kepri. Dengan acara ini, semoga kita saling mengenal dan memperkuat tali persaudaraan. Dan semoga acara MTQH X Kepri berlangsung lancar tanpa kendala dalam sepekan ke depan,” katanya.

Ia berpesan agar peserta menyiapkan diri dengan matang. Ia ingin hasil MTQH X bisa membentuk kafilah Kepri terbaik untuk MTQH tingkat nasional nanti.

“Suatu kebanggan kita STQH di Jambi mendapat peringkat 4 di Indonesia dari sebelumnya di peringkat 7. Semoga ke depan Kepri bisa lebih baik lagi,” ujarnya.***