Lembaga Survei Australia Ungkap, Tak Ada Capres Diangka 50 Persen

oleh -
oleh

Jakarta – Lembaga survei yang bermarkas di Melbourne, Australia, lembaga survei Roy Morgan, mengungkap kekuatan terbaru, tiga pasangan calon Presiden RI. Dari data survey yang diungkap dalam laporan Roy Morgan Poll, tidak ada pasangan Capres yang mencapai angka 50 persen.

Laporan yang diungkap, Kamis (1/2/2024), survei Roy Morgan dilakukan pada Desember 2023. Dimana, sampel yang diambil, sebanyak 1.255 responden. Mereka terdiri dari pemilih berusia 17 tahun ke atas.

Hasil yang dikeluarkan, elektabilitas Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, unggul dengan perolehan 43 persen, di Pilpres 2024. Sementara Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo memperoleh 30 persen dan Capres nomor urut 1, Anies Baswedan mendapat elektabilitas 24 persen.

Sementara itu, pemilih yang tidak menentukan pilihan sebesar 3 persen. “Prabowo unggul dengan perolehan suara sebesar 43 persen,” demikian laporan Roy Morgan itu.

Pada survei sebelumnya, Roy Morgan mencatat elektabilitas calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo diatas Prabowo dan Anies. Pada survei Juli sampai September 2023, elektabilitas Ganjar menyentuh 38 persen. Sementara Prabowo memperoleh elektabilitas 30 persen dan Anies diangka mendapat 25 persen.

Sementara dari survey terbaru, Desember 2024, diperkirakan Prabowo akan unggul diputaran pertama Pilpres. Angka elektabilitas Prabowo naik signifikan dibanding survey sebelumnya. Dimana angka itu naik sekitar 13 persen dibanding September 2023.

Prabowo dilaporkan kuat di Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Prabowo memimpin dengan kuat di Pulau Jawa yang paling padat penduduknya di Indonesia dengan dukungan 41 persen, unggul 8 perse dari Ganjar 33 persen dan 16 persen di atas Anies 25 persen.

Survei itu menempatkan keunggulan Ganjar di Jawa Tengah dengan perolehan suara sebesar 56 persen, jauh di atas Prabowo 40 persen dan Anies tertinggal jauh dengan hanya memperoleh 4 persen.

Kemudian Prabowo menang di Pulau Sumatera. Prabowo memperoleh hampir separuh suara dengan 49 persen. Anies 26 persen dan Ganjar 23 persen. Selain itu, Prabowo juga unggul di Sulawesi dan Kalimantan.

“Di Sulawesi, Prabowo 56 persen di depan Ganjar 24 persen dan Anies 17 persen dan di Pulau Kalimantan, Prabowo 28 persen memimpin Anies 23 persen dan Ganjar 14 persen,” ucapnya.***