15.5 C
New York
Minggu, Oktober 2, 2022
spot_imgspot_img

Konjen Jepang Sebut Batam Luar Biasa

Batam – Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina mengatakan Kepri, terlebih Batam terus berbenah mengikuti geliat kemajuan dunia. Karena, kalau provinsi ini tidak berbenah, tidak menyesuaikan kemajuan dan perkembangan dunia, maka akan ketinggalan.

“Anugerah berupa posisi yang strategis ini, dengan tetangga yang maju seperti Singapura dan Malaysia, akan sia-sia kalau kita tak ikut berbenah dan bergerak untuk maju. Muara dari semua ini adalah untuk kesejahteraan masyarakat, untuk kemajuan daerah ini,” kata Wagub Marlin di Lantai 6 Graha Kepri, Kota Batam, Kamis (25/8) pagi.

Di Graha Kepri, Marlin menerima kunjungan Konsulat Jendral Jepang di Medan, Takonai Susumu. Berbagai hal dibincangkan antara Marlin dan Takonai yang memang fasih berbahasa Indonesia ini. Termasuk nostalgia Konjen Takonai yang sudah 15 tahun berada di Indonesia.

Usai memperkenalkan diri, Tokanai berkisah tentang keinginannya ke Batam, sejak diamanahkan sebagai Konjen Jepang di Medan lebih setahun lalu. Namun, pandemi yang melanda membuat pergerakan menjadi sedikit terbatas. Setelah bisa, Batam menjadi pilihan untuk disinggahi.

“Batam sangat luar biasa,” kata Takonai, ketika ditanya Marlin tentang Batam.

Rupanya, Batam bukan negeri yang asing bagi Takonai. Pada awal 1993, Takonai bersama lembaga PBB pernah ke Batam, tepatnya Pulau Galang. Kunjungan Takonai terkait dengan pengungsi Vietnam di pulau tersebut.

Takonai pun, pernah bertugas di Singapura. Ketika di negeri singa itu, Takonai juga menjadikan Batam sebagai salah satu tujuannya untuk mencari kuliner khas Indonesia. Di Singapura, Takonai beraktivitas sejak 2005-2012.

“Mencari masakan Indonesia,” kata Takonai. Setelah itu, dia ditempatkan di Jakarta, sepanjang 2012-2020. Batam pun menjadi destinasi yang beberapa kali dikunjungi Takonai.

Tak heran kalau Takonai punya penilaian tersendiri untuk Batam. Dengan sebutan luar biasa ketika ditanya Wagub Marlin.

Pada kesempatan itu, Takonai berterima kasih dengan Batam dalam pengendalian pandemi covid19. Laju vaksinasi hingga ke warga asing, terlebih perusahaan dari Jepang dan warga Jepang di Batam sangat membantu.

“Dibanding daerah lain, vaksinasi dan penanganan pandemi untuk warga kami cepat sekali. Terima kasih,” kata Takonai.

Wagub Marlin menyampaikan bahwa penanganan pandemi di Kepri memang sangat baik. Itu semua berkat dukungan dan partisipasi seluruh komponen masyarakat. Kepatuhan mereka pada protokol kesehatan, partisipasi untuk vaksinasi membuat penanganan pandemi sangat baik.

Ketua TP PKK Kota Batam ini juga menyampaikan bahwa Batam terus berbenah untuk menyambut investasi dan wisatawan. Infrastruktur terus dibenah dan ditingkatkan. Juga diseimbangkan dengan pelestarian lingkungan. Seperti penanaman 12 ribu jati emas, yang juga mendapat dukungan puluhan perusahaan di Batam.

“Kalau sudah aman, nyaman, lengkap, infrastruktur bagus, investor akan datang. Demikian juga dengan wisatawan,” kata Ketua PIKORI BP Batam ini.(am)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles