Kaus Oblong: Pendapat Dahlan Iskan Atas Pertemuan Jokowi-Elon Musk

oleh -
oleh

Elon, kata Luhut, setuju datang ke Indonesia kalau Presiden Jokowi mengundangnya. Bahkan Elon memastikan akan menyetujui apa pun yang disampaikan Presiden Jokowi.

Awalnya Elon menerima Presiden Jokowi di kantornya yang sangat sederhana. Setelah berbincang sekitar 4 menit pertama, Elon tampak tertawa gembira. “Jonatan, wakilnya, bilang ke saya: deal done,” ujar Luhut.

Luhut pun bertanya balik pada Jonatan. Maksud Jonatan apa dengan ”deal done” itu. “Jonatan menyampaikan kalau Elon sedang suka ya seperti ini,” ujar Luhut.

Akhirnya Presiden Jokowi berbicara dengan Elon 15 menit lebih. Kami menunggu di luar. Setelah itu Elon mengajak presiden tur ke SpaceX,” ujar Luhut.

Keterangan Luhut ini menarik. Presiden Jokowi bicara 15 menit lebih hanya berdua. Tanpa penerjemah.

Luhut pun mengatakan, sambil berjalan, Elon berbisik kepadanya. “Saya setuju pikiran Presiden Jokowi,” katanya.

Luhut pun ganti menyampaikan harapan Indonesia kepadanya. Agar Elon melakukan investasi end-to-end. Termasuk sampai pabrik ban mobil Tesla sekalian. “Ia menjawab segera kami finalkan,” ujar Luhut.

Bulan depan, ujar Luhut, mereka akan kirim tim mobil, kemudian meninjau site peluncuran roket di Biak, Papua. Rupanya Presiden Jokowi juga merayu Elon untuk menjadikan Biak sebagai pusat peluncuran satelitnya.

Seorang ahli satelit pernah mengatakan kepada saya bahwa Biak adalah lokasi peluncuran satelit terbaik di dunia. Dari segi posisi Biak terhadap orbit. Lurus. Efisien.

Untuk semua itu Elon segera membuka kantor di Indonesia. Bahkan Elon, ibunya, dan adiknya akan datang ke Bali. Yakni bersamaan dengan G20 November depan. “Presiden instruksi ke saya untuk mengatur agar Elon juga bisa memberikan lecture ke semua perwakilan mahasiswa universitas se-Indonesia di Bali. Untuk memberi inspirasi anak-anak muda Indonesia,” ujar Luhut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.