Flyover Sei Ladi Senilai 132 M Mulai Dibangun

oleh -
oleh

Batam – Badan Pengusahaan (BP) Batam, mulai melakukan pembangunan jalan layang atau fly over Seiladi, Batam. Fly over akan dibangun dengan nilai anggaran, sekitar Rp132 miliar dengan panjang, 120 meter. Awal pembangunan ditandai dengan groundbreaking, dengan pengeboran pondasi, oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi.

Kegiatan groundbreaking dilakukan Rudi yang juga Wali Kota Batam, Senin (4/3/2024) di Sei Ladi, Batam. Ikut serta Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto dan para Deputi BP Batam. Hadir juga Kepala Sub Direktorat Pembangunan Kepelabuhanan dan Bandara BP Batam, Boy Zasmita.

Anggaran untuk pembangunan bersumber dari dana dari PNBP BP Batam dan dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) dengan konsultan PT Disiplan Consult. “Anggarannya sekitar Rp132 miliar dan akan selesai Desember 2023,” ungkap Rudi.

Kondisi dilapangan, sudah dilakukan pembuatan frontage atau pelebaran jalan di sisi kanan dan kiri. Groundbreaking ditandai dengan pengeboran tiang pondasi, dengan upacara adat Melayu. Sebelum itu, secara bergantian, Rudi, Purwiyanto dan Deputi BP, menyiram bor di titik tiang flyover.

Diharapkan, pembangunan flyover dilakukan, untuk mengurai kemacetan jalan dari Sekupang ke arah Batam Center dan Nagoya. “Terutama pada jam tertentu, sehingga tidak menimbulkan kemacetan saat jam pagi dan sore,” ujar Rudi.

Rudi mengatakan, pembangunan flyover Sei Ladi, merupakan komitmen BP Batam dalam mendukung masyarakat dan investasi di Batam. “BP Batam komit menyiapkan semua infrastruktur untuk kelancaran lalulintas itu sendiri,” kata Muhammad Rudi.

Pembangunan flyover juga disebut, tidak akan terhenti disana. Kedepan, pemerintah akan membangun flyover lain di Batam. Namun Rudi tidak menyebut lokasinya. Hanya saja, beberapa tahun sebelumnya, BP Batam sudah mencanangkan pembangunan flyover di Simpang Kabil, Batam.

“Nanti akan ada flyover ketiga dan ke empat, setelah ini,” katanya.

Sementara Kepala Sub Direktorat Pembangunan Kepelabuhanan dan Bandara BP Batam, Boy Zasmita mengatakan, nantinya flyover Sei Ladi, akan memiliki 3 lajur. Pembangunan untuk jalur jalan dari Sekupang-Batam Center.

“Ini satu jalur, tiga lajur dengan panjang 120 meter. Ini akan mengurai kemacetan di sini,” imbuhnya.(am)

No More Posts Available.

No more pages to load.