Disbudpar Bawa Peserta KSM 2024 Kunjungi Destinasi Wisata Batam

oleh -
oleh

Batam – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam membawa 234 peserta Kenduri Seni Melayu (KSM) 2024 mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Batam, Sabtu (8/6/2024).

“City Tour ini pertama kali kami gelar setelah KSM sudah berlangsung ke-26,” ujar Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata.

Beberapa destinasi wisata yang dikunjungi seperti Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Jembatan Barelang, kawasan Welcome to Batam, Museum Batam Raja Ali Haji, hingga menikmati kuliner Melayu di Teh Tarik Melawa dan wisata belanja di Nagoya Hill.

“Peserta yang ikut dalam KSM 2024 ini berasal dari enam negara,” katanya.

Sebelumnya, KSM ke-26 Tahun 2024 resmi dibuka di Lapangan Parkir Harbour Bay, Batuampar, Jumat (7/6/2024) malam. Acara yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) ini, berlangsung tiga hari, Jumat-Minggu (7-9/6/2024) dan diikuti enam negara; Malaysia, Singapura, Myanmar, Brunai Darussalam, dan Indonesia.

Ardiwinata, melaporkan bahwa KSM 2024 ini diikuti 250 peserta dan berlangsung selama tiga hari, Jumat-Minggu (7-9/6/2024).

Dalam acara ini, peserta akan menampilkan kesenian Melayu. Selain kesenian Melayu, sepanjang KSM 2024, juga digelar bazar kuliner, pameran sejumlah koleksi Museum Batam Raja Ali Haji, permainan rakyat, dan sebagainya.

“Bahkan, panggung KSM 2024 ini menjadi bagian yang terpenting dengan membentuk Rumah Potong Limas yang merupakan cagar budaya Batam,” katanya.

Ardiwinata, melanjutkan, KSM ini merupakan upaya menumbuhkembangkan seni budaya Melayu di Kota Batam. KSM menampilkan beragam khazanah Kebudayaan Melayu dalam pementasan kesenian.

“Beragam budaya dan kesenian Melayu akan tampil dalam KSM 2024, mari ramaikan KSM 2024 dan bersama memajukan kesenian Melayu,” katanya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengapresiasi semua pihak yang turut menyukseskan KSM 2024. Ia mengatakan, event tersebut memadukan kesenian, budaya, hingga pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Event ini menjadi komitmen kami dalam melestarikan kesenian dan budaya Melayu,” kata Rudi yang juga sebagai Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Kepri tersebut.

Selain melestarikan kesenian dan budaya Melayu, event ini juga menjadi daya tarik pariwisata dan menggeliatkan ekonomi kreatif. Ia berharap, melalui event ini, banyak wisatawan datang dan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

“Tak hanya pergelaran kesenian Melayu, di sini juga ada pelaku UMKM. Semoga KSM 2024 memberikan dampak kesejahteraan masyarakat Batam,” katanya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemko) Batam, khususnya Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dan semua pihak yang menyukseskan KSM 2024. Ia mengungkapkan bahwa KSM 2024 menjadi satu dari 110 KEN 2024 di Indonesia.

“Saya berharap KSM 2024 dikoneksikan dalam peningkatan pariwisata, ekonomi dan kesejahteraan serta membuka lapangan pekerjaan khususnya di Kota Batam,” katanya melalui sambutan virtual.

“Selamat dan sukses KSM 2024, mari majukan pariwisata dan ekonomi kreatif. Bersama jaga Indonesia,” tambahnya.***