Dewan Minta Ada Petugas BPJS Kesehatan Standby Malam Hari

oleh -
oleh

Batam  – Masyarakat keluhkan pelayanan BPJS Kesehatan, pada masyarakat, terutama saat masuk rumah sakit malam hari. Atas keluhan itu, Anggota Komisi IV DPRD Batam, Udin P Sihaloho meminta BPJS Kesehatan untuk menempatkan petugasnya di rumah sakit agar bisa memberikan pelayanan 24 jam.

Himbauan itu disampaikan Udin P Sihaloho, saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama BPJS Kesehatan, Kamis (18/1/2024). Disebutkan, banyak masyarakat yang mengeluhkan dan merasa kesulitan mendapat pelayanan BPJS saat masyarakat masuk rumah sakit pada malam hari.

“Saya mau minta solusi dari bapak ibu petugas dari BPJS yang standby di situ (rumah sakit), tolong diadakan lagi, sehingga bisa memudahkan memberikan pendampingan dalam mengurus BPJS terutama di tengah malam,” kata Udin,

Dikatakan, jika masyarakat berobat ke rumah sakit, artinya masyarakat yang menjadi pasien itu akan berhubungan langsung dengan rumah sakit. Terkadang dengan penyakit atau keadaan tertentu, pihak rumah sakit harus berkomunikasi dulu dengan pihak BPJS.

“Saya sering ditelpon warga jam 11 malam, bahkan jam 2 dini hari. Keluhannya sama tidak mendapatkan pelayanan BPJS, sehingga pihak rumah sakit tidak bisa memutuskan,” sambung Udin.

Kondisi itu merugikan pasien atau masyarakat yang telah membayar iuran BPJS. “Kalau ada yang tidak sesuai dengan ketentuan, pastinya rumah sakit akan menghubungi BPJS, ini masalah tagihan nantinya. Nah sementara pasien sendiri merasa sudah membayar kewajiban iuran dan merasa punya hak, kenapa masuk jam 2-an subuh begini tidak dianggap sebagai sesuatu yang urgent?” tegas Udin.

Sementara itu, Kepala Bagian Mutu Pelayanan dan Jaminan BPJS Kesehatan Kota Batam, Yusrianto, mengakui tidak ada petugas BPJS di rumah sakit, akan tetapi sudah memberikan loket informasi yang berkerja sama dengan pihak rumah sakit serta ada kunjungan rutin ke sejumlah rumah sakit.

“Terkait dengan layanan kami terapkan regulasi secara nasional. Terkait wewenang masalah medis, kami kembalikan ke pihak medis,” kata Yusrianto.***

No More Posts Available.

No more pages to load.