BPJS Kesehatan Ingatkan Pentingnya Program JKN ke 207 Bintara Polda Kepri

oleh -
oleh

Batam – Dalam rangka meningkatkan pemahaman peserta terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan melaksanakan kegiatan Pemberian Informasi Langsung kepada 207 Bintara Remaja Polda Kepri pada Rabu (18/01) di Gedung Polda Kepri, Batu Besar.

Ditemui pada kesempatan berbeda, Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Batam, Mohamad Irham Syahbana mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menyampaikan pentingnya program JKN kepada Bintara Remaja Polda Kepri yang sedang menjalani pembekalan.

“Seperti yang diketahui program JKN penting sebagai upaya proteksi, menjalankan prinsip gotong royong serta sebagai bentuk compliance terhadap peraturan perundangan untuk mendaftarkan diri dan keluarga menjadi peserta JKN,” kata Irham.

Irham menyampaikan bahwa setiap orang termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia wajib menjadi peserta JKN. Kepesertaan ini dibagi menjadi beberapa segmentasi baik itu Penerima Bantuan Iuran (PBI), Pekerja Penerima Upah (PPU), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), dan Bukan Pekerja (BP).

“Bintara termasuk dalam segmentasi Pekerja Penerima Upah (PPU) yang iurannya 5% dari gaji dan tunjangan dengan batas atas upahnya adalah Rp 12 juta dan batas bawahnya Upah minimum Kab/Kota (UMK). Iuran 4% ditanggung oleh pemberi kerja dalam hal ini Polda Kepri dan 1% ditanggung oleh masing-masing pekerja,” kata Irham.

Besaran ini menurut Irham dapat menanggung 5 (lima) orang yakni pekerja, suami/istri, dan 3 orang anak. Pekerja dapat menambahkan orangtua sebagai tanggungan dengan iuran tambahan sebanyak 1% dari gaji dan tunjangan.

“Untuk seluruh peserta aktif dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan sesuai indikasi medis dan mengikuti prosedur tentunya dengan mengakses layanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP ) terlebih dahulu kecuali dalam keadaan emergency,” kata Irham.

Kepala Urusan Pelayanan Kesehatan Polda Kepri, Maria Ambarita mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting sebagai pembekalan sebelum Bintara menjalani pendidikan supaya nantinya seluruh peserta memahami pentingnya program JKN.

“Total 207 orang ini sedang dalam proses pendaftaran menjadi peserta JKN. Untuk itu kami meminta BPJS Kesehatan Cabang Batam memberikan sosialisasi agar nantinya seluruh Bintara dapat memahami seluruh ketentuan dalam program JKN,” kata Maria.

Maria juga menghimbau bahwa atas dasar pentingnya program JKN, dipastikan tidak ada Bintara yang tidak terdaftar sebagai peserta JKN.(am)

No More Posts Available.

No more pages to load.