11.9 C
New York
Rabu, Oktober 5, 2022
spot_imgspot_img

BI Kepri Libatkan Guru Batam Dorong Siswa Cinta Rupiah

Batam – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepri, melibatkan guru-guru di Batam, untuk menyebarluaskan pesan, cinta, bangga dan paham rupiah. Meningkatkan awareness terhadap Rupiah dikalangan anak didik dan selalu waspada dan berhati-hati dalam bertransaksi dengan menggunakan uang dengan teliti.

Sosialisasi dilakukan KPw BI Kepri, melalui Kepala Tim Implementasi Siatem Pembayaran, Taufik Ariesta, Sabtu (17/9/2022) di Ballroom SwissBel Hotel Harbourbay. Ikut serta, tenaga pendidik SD dan SMP di kota Batam sebanyak 100 orang di Ballroom SwissBel Hotel Harbourbay. Ikut serta Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Batam, Muhammad Jupri.

“Kegiatan ini untuk mengedukasi, terkait uang Rupiah TE 2022. Sehingga kita gelar Training of Trainer (ToT) kepada Guru SD dan SMP se-Kota Batam,” kata Taufik.

Disampaikan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta Guru-Guru yang ada di Kota Batam dalam menyebarluaskan pesan mengenai Cinta Bangga Paham Rupiah. Tidak hanya kepada siswa, namun kepada masyarakat luas.

“Juga meningkatkan awareness terhadap Rupiah dikalangan anak didik. Selalu waspada dan berhati-hati dalam bertransaksi dengan menggunakan uang, teliti terhadap ciri keaslian uang Rupiah. Ingat 3D, Dilihat, Diraba, Diterawang,” bebernya.

Diharapkan, guru juga mendorong masyarakat, memperlakukan dan merawat Rupiah dengan baik melalui prinsip 5 JANGAN (Jangan Dicoret, Jangan Disetepler, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi dan Jangan Dilipat).

“Dengan semakin masifnya Edukasi CBP Rupiah di berbagai kalangan masyarakat diharapkan masyarakat semakin memiliki kesadaran terhadap peran dan fungsi Rupiah secara menyeluruh,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Taufik juga memberikan catatan, jika rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI. Dimanan Rupiah merupakan salah satu simbol kedaulatan negara yang wajib dihormati dan dibanggakan oleh seluruh warga negara Indonesia.

“Dengan menggunakan Rupiah pada setiap transaksi, maka kita sudah ikut membantu menjaga kestabilan nilai tukar Rupiah dan membangun kepercayaan dunia pada Rupiah. Sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, Bank Indonesia diberikan tugas dan kewenangan Pengelolaan Uang Rupiah mulai dari tahapan Perencanaan, Pencetakan, Pengeluaran, Pengedaran, Pencabutan dan Penarikan, sampai dengan Pemusnahan,” imbuhnya.

Kegiatan itu berlangsung, setelah 18 Agustus 2022, Bank Indonesia meluncurkan Uang Rupiah Kertas tahun emisi 2022. Uang rupiah yang semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggan bersama sebagai salah satu simbol kedaulatan negara Indonesia.

Uang Rupiah TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp.10.000, Rp5.000, Rp.2000, dan Rp.1000. Uang baru, tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana uang Rupiah TE 2016.(am)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles