15.5 C
New York
Minggu, Oktober 2, 2022
spot_imgspot_img

Bahan Makanan dan Angkutan Udara Dorong Inflasi April 2022

Batam – Indeks Harga Konsumen (IHK) Kepulauan Riau (Kepri) secara bulanan mengalami inflasi sebesar 1,09% (mtm), pada April 2022. Angka itu lebih tinggi dibandingkan bulan Maret 2022 yang mengalami inflasi sebesar 0,68% (mtm). Inflasi terutama didorong oleh kenaikan harga kelompok bergejolak (volatile food) dan kelompok yang harganya yang diatur oleh pemerintah (administered prices) utamanya minyak goreng dan angkutan udara.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), yang juga Kepala Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepri, Musni Hardi K Atmaja, Selasa (10/5) di Batam. Disebut, pada saat yang sama, IHK Nasional juga tercatat mengalami inflasi sebesar 0,95% (mtm), lebih tinggi dibandingkan inflasi bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 0,66% (mtm).

“Dengan perkembangan tersebut, secara tahunan Kepri pada April 2022 mengalami inflasi sebesar 4,28% (yoy), atau meningkat dibandingkan Maret 2022 sebesar 3,24% (yoy), dan berada di atas rentang sasaran inflasi Nasional sebesar 3 ± 1% (yoy),” kata Musni.

Disampaikan, inflasi di Kepri pada April 2022 bersumber dari kenaikan harga komoditas kelompok makanan, minuman dan tembakau. Terutama minyak goreng sejalan dengan kenaikan harga minyak goreng yang mengikuti perkembangan harga CPO di pasar global.

“Sementara itu, kenaikan harga sayur-sayuran seperti bayam dan kangkung yang disebabkan oleh faktor cuaca yang berpengaruh terhadap penurunan pasokan,” terangnya.

Diungkapkan, secara spasial, Kota Batam dan Kota Tanjungpinang mengalami inflasi masing-masing sebesar 1,12% (mtm) dan 0,83% (mtm). Dengan perkembangan tersebut, secara tahunan Kota Batam mengalami inflasi sebesar 4,39% (yoy), dan Kota Tanjungpinang mengalami inflasi sebesar 3,39% (yoy).

“Komoditas utama penyumbang inflasi di Kota Batam adalah minyak goreng, angkutan udara dan bayam sedangkan komoditas penyumbang inflasi di Kota Tanjungpinang adalah minyak goreng, mobil dan bayam,” imbuhnya.(am)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

137FansSuka
50PengikutMengikuti
28PelangganBerlangganan
spot_img

Latest Articles